Silabus, KI dan KD Sejarah SMA Kurikulum 2013 Kelas X, XI dan XII Revisi
Silabus, KI dan KD Sejarah SMA Kurikulum 2013 Kelas X, XI dan XII Revisi |
Silabus, KI dan KD Sejarah SMA Kurikulum 2013 Kelas X, XI dan XII Revisi- Perangkat pembelajaran merupakan suatu perangkat yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun perangkat pembelajaran yangberlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, memotivasi siswa untuk berpatisipasi aktif (Poppy Kamalia Devi, dkk, 2009: 1-5). Perangkat pembelajaran yang diperlukan dalam mengelola proses belajar mengajar dapat berupa: silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), modul.
a. Silabus
Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Trianto, 2010:96). Langkah-langkah pengembangan silabus (Trianto, 2010: 99):
silabus sejarah indonesia kurikulum 2013 revisi 2017, silabus kurikulum 2013 sma revisi 2017, silabus matematika sma kurikulum 2013 revisi 2017 pdf, silabus biologi sma kelas xi kurikulum 2013 pdf, silabus seni budaya sma kurikulum 2013 revisi 2017, silabus bahasa indonesia sma kurikulum 2013 revisi 2017, silabus sma kurikulum 2013 pdf, silabus bahasa indonesia sma kurikulum 2013 revisi 2017 pdf
1) Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
Mengkaji SK dan KD mata pelajaran sebagaimana tercantum pada Standar Isi.
2) Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran.
Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian KD.
3) Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran.
Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik dalam rangka pencapaian KD.
4) Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi.
Indikator merupakan penanda pencapaian KD. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
5) Menentuan Jenis Penilaian.
Penilaian pencapaian kompetensi dasar siswa dilakukan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dalam bentuk tertulis.
6) Menentukan Alokasi Waktu.
Penentuan alokasi waktu pada setiap KD didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu. Alokasi waktu merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai KD yang dibutuhkan oleh siswa yang beragam.
7) Menentukan Sumber Belajar.
Penentuan sumber belajar didasarkan pada SK dan KD serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
silabus sejarah indonesia kurikulum 2013 revisi 2017, silabus kurikulum 2013 sma revisi 2017, silabus matematika sma kurikulum 2013 revisi 2017 pdf, silabus biologi sma kelas xi kurikulum 2013 pdf, silabus seni budaya sma kurikulum 2013 revisi 2017, silabus bahasa indonesia sma kurikulum 2013 revisi 2017, silabus sma kurikulum 2013 pdf, silabus bahasa indonesia sma kurikulum 2013 revisi 2017 pdf
Silabus, KI dan KD Sejarah SMA Kurikulum 2013 Kelas X, XI dan XII Revisi
Silabus, KI dan KD Sejarah SMA Kurikulum 2013 Kelas X, XI dan XII Revisi Silahkan download filenya pada tautan link dibawah ini:
Mata Pelajaran Sejarah (Peminatan)
Download KI dan KD Sejarah Peminatan SMA
Download Silabus Sejarah Peminatan SMA
Demikian artikel Silabus, KI dan KD Sejarah SMA Kurikulum 2013 Kelas X, XI dan XII Revisi saya buat, semoga dapat bapak ibu gunakan sebagai contoh dalam pembeuatan Silabus, KI dan KD Sejarah SMA Kurikulum 2013 Kelas X, XI dan XII Revisi .Terima kasih
Silabus, KI dan KD Sejarah SMA Kurikulum 2013 Kelas X, XI dan XII Revisi
Barangkali anda mencari informasi terkait :
Download RKJM Terbaru Tahun 2018
Program Kerja Waka Kurikulum 2018
CONTOH RENCANA KEGIATAN SEKOLAH (RKS) TERBARU TAHUN 2018
rpp pjok smp kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2018
Sumber http://downloadfileadministrasi.blogspot.com/Format agenda harian guru kurikulum 2013 terbaru
Komentar
Posting Komentar