Langsung ke konten utama

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

 Dalam rangka menyambut Tahun pelajaran baru  Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Pemetaan Tematik kelas 3 SD/MI
Dalam rangka menyambut Tahun pelajaran baru 2018/2019 kali ini saya akan membagikan mengenai Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari berbagai mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih. Kegiatan yang dilakukan adalah :

1. Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator

Melakukan kegiatan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran ke dalam indikator. Dalam mengembangkan indikator perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  • Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik
  • Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
  • Dirumuskan dalam kata kerja oprasional yang terukur dan/atau dapat diamati
2. Menentukan tema
a. cara penentuan tema
  • Dalam menentukan tema dapat dilakukan dengan dua cara yakni:Cara pertama, mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan menentukan tema yang sesuai.
  • Cara kedua, menetapkan terlebih dahulu tema-tema pengikat keterpaduan, untuk menentukan tema tersebut, guru dapat bekerjasama dengan peserta didik sehingga sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.
b. Prinsip Penentuan tema
Dalam menetapkan tema perlu memperhatikan beberapa prinsip yaitu:
  • Memperhatikan lingkungan yang terdekat dengan siswa:
  • Dari yang termudah menuju yang sulit
  • Dari yang sederhana menuju yang kompleks
  • Dari yang konkret menuju ke yang abstrak.
  • Tema yang dipilih harus memungkinkan terjadinya proses berpikir pada diri siswa
  • Ruang lingkup tema disesuaikan dengan usia dan perkembangan siswa, termasuk minat, kebutuhan, dan kemampuannya
3. Identifikasi dan analisis Standar Kompetensi, Kompetensi dasar dan Indikator
Lakukan identifikasi dan analisis untuk setiap Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan indikator yang cocok untuk setiap tema sehingga semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator terbagi habis.

a. Menetapkan Jaringan Tema
Buatlah jaringan tema yaitu menghubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan tema pemersatu. Dengan jaringan tema tersebut akan terlihat kaitan antara tema, kompetensi dasar dan indikator dari setiap mata pelajaran. Jaringan tema ini dapat dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu setiap tema.

b. Penyusunan Silabus
Hasil seluruh proses yang telah dilakukan pada tahap-tahap sebelumnya dijadikan dasar dalam penyusunan silabus. Komponen silabus terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian.

c. Penyusunan Rencana Pembelajaran (RPP)
Untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran guru perlu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman belajar siswa yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran. Komponen rencana pembelajaran tematik meliputi:
  • Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan dipadukan, kelas, semester, dan waktu/banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
  • Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan.
  • Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
  • Strategi pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, kegiatan ini tertuang dalam kegiatan pembukaan, inti dan penutup).
  • Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
  • Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar peserta didik serta tindak lanjut hasil penilaian). 
Untuk mendapatkan Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download pada link yang sudah di sediakan di bawah ini:


Sumber http://silabusk13.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap KI dan KD

Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap KI dan KD | SMK merupakan Sekolah menengah Kejuruan memiliki mata pelajaran khusus yang di berikan kepada masing-masing peserta didiknya. Mata pelajaran khusus ini di berikan berdasarkan jurusan yang pilih oleh peserta didik. SMK mampu membangun peserta didik menjadi pelaku usaha mandiri dan pelaku pekerjaan yang memiliki kemampuan mandiri. Berbagai program keahlian yang ada di SMK untuk mengembangkan minat peserta didik siap menghadapi kehidupan dimasa mendatang. Silahkan Download Silabus TKJ Kurikulum 2013 Revisi 2017 berikut: Silabus C2 (Dasar Program Keahlian) Silabus Sistem Komputer Silabus Komputer dan Jaringan Dasar Silabus Pemrograman Dasar Silabus Dasar Desain Grafis Silabus C3 (Kompetensi Keahlian) Silabus Teknologi WAN Silabus Administrasi Infratruktur Jaringan Silabus Administrasi Sistem Jaringan Silabus Teknologi Layanan Jaringan Silabus Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kompetensi Inti dan Kompe...

Tafsir Al-Qur'an Online Bahasa Indonesia Lengkap

- Al-Qur'an merupakan kitab suci umat muslim diseluruh dunia. Kita suci ini menjadi pedoman bagi kita semua dalam menjalankan kehidupan di dunia agar tetap dalam Jalan Allah SWT yang tentunya menuntun kita untuk kehidupan yang kekal setelah kehidupan ini. Seperti yang kita ketahui, bahwasanya Kitab Suci Al-Qur'an menggunakan bahasa arab, sehingga banyak diantara kita bisa membaca Al-Qur'an namun tidak mengetahui dan memahami seluruh arti atau tafsir dari Al-Qur'an. Padahal, jika kita membaca Al-Qur'an dengan mengetahui dan memahami maknanya (tafsirnya) tentu hal ini sangat bagus untuk kita semua. Nah, untuk mempelajari Tafsir Al-Qur'an tidaklah susah. Kita dapat mempelajarinya dengan memiliki Al-Qur'an yang dilengkapi dengan tarsifrannya secara lengkap. Seiring perkembangan zaman, Tafsir Al-Qur'an tidak hanya tersedia dalam bentuk cetak, tetapi saat ini juga tersedia dalam digital online. Ya, Tafsir Al-Qur'an Online Bahasa Indonesia kini lebih m...

Download Buku Guru dan Siswa SD/MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Guru dan Siswa SD/MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Pada satu sisi perkembangan teknologi memberikan dampak positif pada dunia pendidikan. Diantara dampak positif yang harus dimanfaatkan oleh guru adanya Buku Sekolah Elekronik. Buku sekolah elektronik merupakan buku yang dapat disimpan dalam media penyimpanan seperti flashdiks, komputer dan hape android. Buku sekolah elektronik memberikan andil cukup luar biasa. Seorang guru atau siswa bisa membawa  ratusan ribu buku di dalam hape androidnya. Berikut admin share buku sekolah elektronik dalam bentuk file pdf yang dapat dibuka menggunakan komputer atau pu menggunakan hape android. Download Buku Guru SD/MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas_01_SD_Tematik_1_Diriku_Guru_2017 Download disini Kelas_01_SD_Tematik_2_Kegemaranku_Guru_2017 download disini Kelas 1 SD Tematik 3 Kegiatanku Guru 2017 download disini Kelas_01_SD_Tematik_4_Keluargaku_Guru_2017 download disini Kelas 1 SD Temat...