Langsung ke konten utama

Contoh Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan - Materi Paragraf

IndoINT.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal materi paragraf dalam pembelajaran bahasa Indonesia dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya materi paragraf dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar, semoga apa yang kalian pelajari ini dapat bermanfaat. Terima kasih dan salam  sukses.

1. Para menteri diangkut dengan kendaraan lainnya. Hal ini terpaksa dilakukan karena suasana yang sudah ramai dipadati oleh masyarakat. Bus yang membawa para menteri terpaksa parkir dilapangan Karang Bangun, sekitar dua kilometer di bawah Astana Giribangun. Areal parkir  A yang cukup sempit hanya berjarak 50 meter dari Cungkup Argosari dan hanya cukup untuk mobil-mobil anggota konvoi protokoler kepresidenan.

 Kali ini admin akan membagikan contoh soal materi paragraf dalam pembelajaran bahasa Indo Contoh Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan - Materi Paragraf
www.IndoINT.com

Karangan tersebut dikembangkan dengan model pengembangan ....
A. Induktif
B. Deskriptif
C. Deduktif
D. Klasifikasi

Pembahasan:
Karangan tersebut memmpunyai kalimat utama di awal paragraf. Karangan yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf dikembangkan dengan model pengembangan deduktif. 
Jawaban: C

2. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan tidak hanya menjadi tanggung jawab petugas kesehatan. Setiap anggota Palang Merah Remaja (PMR) harus mempunyai kemampuan untuk menolong korban kecelakaan. PMR adalah kader PMI yang betugas dengan sukarela. Agar mampu menolong korban kecelakaan, anggota PMR diajari prinsip kepalangmerahan.

Kalimat topik paragraf tersebut terletak pada ....
A. Akhir paragraf
B. Awal paragraf
C. Tengah paragraf
D. Awal dan akhir paragraf

Pembahasan:
Kalimat topik adalah kalimat yang sudah terdapat dalam paragraf tersebut, yang mengungkapkan pokok pikiran utama dalam satu alinea. Kalimat utama terletak di awal (deduktif), di akhir (induktif), atau di awal dan akhir (campuran). Kalimat topik paragraf tersebut terletak di awal paragraf.
Jawaban: B

3. Pada liburan mendatang Karang Taruna akan berdarmawisata. Menurut rencana, mereka akan pergi ke pengunungan. Hartati tidak senang pergi ke pengunungan. Hartati lebih suka pergi ke pantai.

Kesimpulan yang logis dari paragraf tersebut adalah ....
A. Hartati ikut rombongan Karang Taruna
B. Hartati tidak ikut pergi ke pengunungan
C. Hartati tidak ikut berdarmawisata
D. Hartati akan ikut apabila pergi ke pantai

Pembahasan:
Kesimpulan merupakan keputusan yang memerhatikan semua gagasan yang dijelaskan dalam kalimat sebelumnya atau sesudahnya. Kesimpulan yang logis atau masuk akal merupakan bentuk penalaran (logika) antara pernyataan benar dengan bacaan tersebut. Dapat ditarik "benang merah" paragraf di atas terdapat pertentangan (konflik) antara pergi ke gunung dengan batin Hartati yang tidak suka ke gunung, lebih suka ke pantai. Jadi, kesimpulan yang logis adalah "Hartati tidak ikut berdarmawisata".
Jawaban: C
 
4. Keterampilan berpidato ini bukanlah masalah yang gampang dan bisa tumbuh dengan sendirinya, melainkan perlu ditumbuhkan, dibina, dan dilatih sejak dini. Berbekal keterampilan pidato ini akan dapat dilakukan di berbagai kegiatan, antara lain memberi sambutan, berani mempresentasikan kertas kerja, dan sebagainya. Oleh karena itu, dalam berpidato perlu memperhatikan strategi pidato yang meliputi menetapkan tujuan pidato, lama pidato, materi, diksi atau pilihan kata, dan sebagainya.

Paragraf tersebut berpola ....
A. Umum-khusus
B. Khusus-umum
C. Sebab-akibat
D. Akibat-sebab

Pembahasan:
Paragraf berpola sebab-akibat dapat dicirikan dengan konjungsi sebab, akibat, karena, maka, dan sehingga. Paragraf di atas memaparkan mengenai beberapa hal terkait dengan pentingnya keterampilan berpidato dan mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum berpidato. Jadi, paragraf tersebut dapat ditentukan berpola sebab-akibat dengan konjungsi "oleh karena itu".
Jawaban: C
Demikianlah yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Sumber http://www.ilmubindo.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap KI dan KD

Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap KI dan KD | SMK merupakan Sekolah menengah Kejuruan memiliki mata pelajaran khusus yang di berikan kepada masing-masing peserta didiknya. Mata pelajaran khusus ini di berikan berdasarkan jurusan yang pilih oleh peserta didik. SMK mampu membangun peserta didik menjadi pelaku usaha mandiri dan pelaku pekerjaan yang memiliki kemampuan mandiri. Berbagai program keahlian yang ada di SMK untuk mengembangkan minat peserta didik siap menghadapi kehidupan dimasa mendatang. Silahkan Download Silabus TKJ Kurikulum 2013 Revisi 2017 berikut: Silabus C2 (Dasar Program Keahlian) Silabus Sistem Komputer Silabus Komputer dan Jaringan Dasar Silabus Pemrograman Dasar Silabus Dasar Desain Grafis Silabus C3 (Kompetensi Keahlian) Silabus Teknologi WAN Silabus Administrasi Infratruktur Jaringan Silabus Administrasi Sistem Jaringan Silabus Teknologi Layanan Jaringan Silabus Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kompetensi Inti dan Kompe...

40 Tuladha ( Pola ) Penyandra Lan Artine / Tegese

Ing ngisor iki tuladha-tuladha Penyandra Lan Artine / Tegese : Alise nanggal sepisan tegese alise njlarit memper rembulan nuju tanggal siji/membentuk garis lengkung yang cantik Alise kaya ngroning imba tegese alise kaya godhong imbo, tipis njlarit. Alise nyingkal tegese alise kaya singkal Bathuke nyela cendani tegese bathuke alus sumorot/memancar Bangkekane nawon kemit tegese bangkeane cilik Dlamakane sajari miring tegese dlamakane tipis banget Drijine mucuk eri tegese drijine lancip-lancip kaya pucuri ri Granane rungih pindha kencana piñata tegese Irunge mbangir/mancung kaya emas digosok nganggo patar. Gulune nglunging gadhun tegese janjang mayuk, mengarep Gulune ngulan-ulan tegese gulune janjang Kempole ngembang pudhak tegese kempole putih mulus Idepe mangada-ada tegese idepe ngjegrak Idepe tumengeng tawang tegese idep kang pucuke ndengking, mayuk mandhuwur Jajabang mawinga-winga tegese dhadhane mengang...

Kosa Kata : Nama-Nama Sayuran Dalam Bahasa Arab

Khudhrawaatun atau dalam bahasa Indonesia Sayuran banyak sekali kita temukan disekitar rumah. Ada sayurah hijau, contohnya bayam, kangkung, daun papaya, brokoli, kola tau kubis, seledri, daun bawang, selada, serai, dan lain-lain. Tawaabil atau dalam bahasa Indonesia kita kenal sebagai rembah-rempah yang dibutuhkan untuk memasak maupun obat-obatan tradisional, juga mudah kita dapatkan disekitar rumah. Rembah-rembah atau tanaman obat contohnya jahe, kunir, jahe merah, kunyit, lengkuas, Jintan, Kemiri, temulawak, lada, dan kayu manis. Tahukah sahabat bahasa arabnya sayuran ataupun rempah-rempah diatas ? misalnya bahasa arabnya brokoli atau apa bahasa arabnya daun bawang atau apa bahasa arabnya jahe ? Sahabat bisa menemukan nama-nama sayuran dalam bahasa arab pada gambar dibawah. Nama-nama sayuran dalam bahasa arab 1 Nama-nama sayuran dalam bahasa arab 2 Sahabat bisa mengunduh gambar diatas pada link yang kami sediakan dibawah. Kami hadirkan dalam 1 paket yang b...