Langsung ke konten utama

Soal dan Jawaban OSN IPS SMP 2019 Tingkat Kabupaten No 1-20

. Sahabat semuanya, sebelumnya sudah kami bagikan soal OSN IPA SMP 2019 dan Soal OSN Matematika SMP 2019 tingkat kabupaten. Kali kesempatan ini akan bagikan Soal OSN IPS SMP Tahun 2109 Seleksi tingkat Kabupaten yang dilengkapi dengan kunci jawabannya. Semoga Soal dan Jawaban OSN IPS SMP 2019 Tingkat Kabupaten ini bermanfaat bagi kamu. Dan jangan lupa juga untuk berbagi soal soal ini ya.

 sebelumnya sudah kami bagikan soal OSN IPA SMP  Soal dan Jawaban OSN IPS SMP 2019 Tingkat Kabupaten No 1-20
1 Jenis Angin Fohn yang bertiup dari arah Selatan Cirebon yang menyebabkan nelayan tidak bisa
melaut adalah....
A. Angin Kumbang
B. Angin Gending
C. Angin Bahorok
D. Angin Wambraw

2. Hewan langka di Pulau Kalimantan yang terancam punah akibat pembukaan lahan perkebunan dan perburuan liar adalah....
A. Orangutan dan Harimau
B. Gajah dan Orangutan
C. Orangutan dan Bekantan
D. Badak dan Orangutan

3. Provinsi di Indonesia yang berpotensi besar mengekspor ikan tuna, mutiara dan rumput laut adalah..
A. Maluku dan Nusa Tenggara Barat
B. Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur
C. Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tengah
D. Papua dan Acelh

4. Bencana alam likuifaksi berpotensi terjadi pada daerah yang memiliki karakteristik ….
A. dataran alluvial dan bekas sedimentasi
B. dekat dengan sumber letusan gunung api
C. dataran rendah yang padat penduduk
D. daerah pesisir yang rawan tsunami

5. Skala peta yang memuat informasi paling detil adalah ….
A. 1 : 100.000
B. 1 : 500 000
C. 1 : 750.000
D. 1 : 1.000.000

6. Indonesla terletak antara 95° BT - 141°BT dan 6° LU-11° LS. Karena letaknya tersebut maka berpengaruh terhadap keadaan alam Indonesia sebagai berikut, kecuali..
A. memiliki Iklim Tropis
B. memiliki tiga daerah waktu
C. memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi
D. memperoleh panas matahari sepanjang tahun

7. Di daerah pegunungan, umumnya petani menanam jenis tanamarn palawija. Kondisi lingkungan alam yang mempengaruhi hal tersebut adalah..
A. temperatur wilayah pegunungan sangat rendah
B. tanah pegunungan yang sulit menahan air
C. tanah pegunungan yang sangat subur
D. aktivitas gunung berapi yang sangat aktif

8. Transportasi laut pada trayek yang ditetapkan oleh pemerintah untuk melayani daerah yang belum atau tidak terlayani oleh angkutan laut karena belum memberikan manfaat komersial disebut ….
A. pelayaran nusantara
B. pelayaran lokal
C. pelayaran rakyat
D. pelayaran perintis

9. Nelayan tradisional berangkat melaut untuk mencari ikan dengan memanfaatkan keadaan alam berupa ….
A. Angin Darat
B. Angin Laut
C. Angin Lokal
D. Angin Lembah

10. Kabupaten/Kota yang tidak dilewat oleh aliran Sungai Bengawan Solo adalah ….
A. Kota Surakarta
B. Kabupaten Wonogiri
C. Kabupaten Sukoharjo
D. Kabupaten Salatiga

11. Pengaturan pembagian air dalam aktivitas pertanian di wilayah Jawa Tengah diatur oleh seorang ….
A. ulu-ulu
B. carik
C. jagabaya
D. lurah

12 Berikut ini yang bukan merupakan peran pemerintah sebagai pelaku ekonomi adalah...
A. sebagai pembuat kebijakan
B. membangun infrastruktur
C. menyediakan barang publik
D. mendirikan industry

13. Di bawah ini yang bukan merupakan sub sektor industri kreatf adalah ….
A. perikanan
B. arsitektur
C. kerajinan
D. manufaktur

14. Indonesia memiliki modal besar untuk pembangunan nasional di antaranya …
A. Investasi Luar Negeri yang besar
B. Jumlah Penduduk yang banyak
C. Tenaga kerja Indonesia di luar negeri
D. Tenaga kerja asing di Indonesia

15. Pernyataan paling tepat yang menunjukkan dampak perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina terhadap Indonesia adalah …
A. berkurangnya ekspor barang dari Indonesia ke Cina
B. banyaknya barang buatan Cina masuk ke Indonesia
C. turunnya nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar
D. naiknya nilai barang buatan Amerika Serikat

16. Dalam bahasa Sunda kata 'Amis' berarti manis, namun dalam bahasa Indonesia kata 'Amis' bermakna bau Anyir (tidak enak seperti ikan busuk), Kata Gedang dalam Bahasa Sunda berarti Pepaya, sedangkan dalam bahasa Jawa berarti Pisang: Hal ini dapat saja menimbulkan masalah interaksi sosial karena ….
A. setiap pihak tidak paham bahasa maka belum terjadi interaksi
B. komunikasi sebaiknya menggunakansimbol yang disepakat
C. ada perbedaan tujuan interaksi, ketika kata tersebut diciptakan
D. perbedaan makna kata dapat meningkatkan kekayaan bahasa

17. Lembaga sosial yang pertama dan utama berperan dalam membentuk karakter anak adalah ….
A. kesehatan
B. keluarga
C. agama
D. ekonomi

18. Pada masa Orde Baru teknologi industi dan pertanian lebih diarahkan ke bentuk padat karya daripada ke bentuk padat modal. Hal ini disebabkan oleh faktor  diantaranya …
A. kemampuan industri Indonesia masih terbatas karena kurangnya investasi dari negara lain
B. golongan muda sudah tidak mau bekerja sebagai petani dan banyak yang memilih bekera di pabrik
C. industri dianggap salah satu solusi penyelesaian masalah tingginya angka pengangguran
D. keahlian pekerja Indonesia masih terbatas, sehingga dibutuhkan teknologi pengolahan sederhana 

19. Globalisasi mendorong terjadinya revolusi industri 4.0 yang mengharuskan individu tidak hanya memiliki literasi dasar (membaca, tulis, hitung) namun juga memililki kemampuan kerjasama dalam tim dan kepemimpinan. Literasi yang dimaksud adalah ….
A. teknologi
B. humanistik
C. statistik
D. finansial

20. Pernyataan paling tepat yang menunjukkan damipak interaksi sosial dari eksodus penduduk akibat konflik di Asia adalah ….
A. masalah ijin tinggal karena para pengungsi tidak memiliki identitas yang jelas
B. problem bahasa dan budaya menyulitkan masyarakat setempat berinteraksi
C. ada perbedaan kepentingan ekonomi antara pengungsi dan negara yang dituju
D. persoalan kemanusiaan mengharuskan negara lain menerima kehadiran mereka

Soal dan Jawaban OSN IPS SMP 2019 Tingkat Kabupaten No 21-40

Silahkan Download Soal dan Jawaban OSN IPS SMP 2019 Tingkat Kabupaten LENGKAP di tauatan dibawah ini.
  • DOWNLOAD  Soal  OSN IPS SMP 2019 Tingkat Kabupaten | DOWNLOAD
  • DOWNLOAD  Kunci Jawaban OSN IPS SMP 2019 Tingkat Kabupaten | DOWNLOAD

Sumber https://folderosn.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap KI dan KD

Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap KI dan KD | SMK merupakan Sekolah menengah Kejuruan memiliki mata pelajaran khusus yang di berikan kepada masing-masing peserta didiknya. Mata pelajaran khusus ini di berikan berdasarkan jurusan yang pilih oleh peserta didik. SMK mampu membangun peserta didik menjadi pelaku usaha mandiri dan pelaku pekerjaan yang memiliki kemampuan mandiri. Berbagai program keahlian yang ada di SMK untuk mengembangkan minat peserta didik siap menghadapi kehidupan dimasa mendatang. Silahkan Download Silabus TKJ Kurikulum 2013 Revisi 2017 berikut: Silabus C2 (Dasar Program Keahlian) Silabus Sistem Komputer Silabus Komputer dan Jaringan Dasar Silabus Pemrograman Dasar Silabus Dasar Desain Grafis Silabus C3 (Kompetensi Keahlian) Silabus Teknologi WAN Silabus Administrasi Infratruktur Jaringan Silabus Administrasi Sistem Jaringan Silabus Teknologi Layanan Jaringan Silabus Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kompetensi Inti dan Kompe...

40 Tuladha ( Pola ) Penyandra Lan Artine / Tegese

Ing ngisor iki tuladha-tuladha Penyandra Lan Artine / Tegese : Alise nanggal sepisan tegese alise njlarit memper rembulan nuju tanggal siji/membentuk garis lengkung yang cantik Alise kaya ngroning imba tegese alise kaya godhong imbo, tipis njlarit. Alise nyingkal tegese alise kaya singkal Bathuke nyela cendani tegese bathuke alus sumorot/memancar Bangkekane nawon kemit tegese bangkeane cilik Dlamakane sajari miring tegese dlamakane tipis banget Drijine mucuk eri tegese drijine lancip-lancip kaya pucuri ri Granane rungih pindha kencana piñata tegese Irunge mbangir/mancung kaya emas digosok nganggo patar. Gulune nglunging gadhun tegese janjang mayuk, mengarep Gulune ngulan-ulan tegese gulune janjang Kempole ngembang pudhak tegese kempole putih mulus Idepe mangada-ada tegese idepe ngjegrak Idepe tumengeng tawang tegese idep kang pucuke ndengking, mayuk mandhuwur Jajabang mawinga-winga tegese dhadhane mengang...

Kosa Kata : Nama-Nama Sayuran Dalam Bahasa Arab

Khudhrawaatun atau dalam bahasa Indonesia Sayuran banyak sekali kita temukan disekitar rumah. Ada sayurah hijau, contohnya bayam, kangkung, daun papaya, brokoli, kola tau kubis, seledri, daun bawang, selada, serai, dan lain-lain. Tawaabil atau dalam bahasa Indonesia kita kenal sebagai rembah-rempah yang dibutuhkan untuk memasak maupun obat-obatan tradisional, juga mudah kita dapatkan disekitar rumah. Rembah-rembah atau tanaman obat contohnya jahe, kunir, jahe merah, kunyit, lengkuas, Jintan, Kemiri, temulawak, lada, dan kayu manis. Tahukah sahabat bahasa arabnya sayuran ataupun rempah-rempah diatas ? misalnya bahasa arabnya brokoli atau apa bahasa arabnya daun bawang atau apa bahasa arabnya jahe ? Sahabat bisa menemukan nama-nama sayuran dalam bahasa arab pada gambar dibawah. Nama-nama sayuran dalam bahasa arab 1 Nama-nama sayuran dalam bahasa arab 2 Sahabat bisa mengunduh gambar diatas pada link yang kami sediakan dibawah. Kami hadirkan dalam 1 paket yang b...